Tag

,

Sudah 3 tahun tidak naik bus ini seiring pelayanan kereta api yang semakin bagus, dan akhirnya karena kejar jam ada urusan yang tak bisa ditunda maka bus adalah opsi terbaik.
Beberapa kekurangan moda bus ini antara lain :
1.Jalan jalur Jogja-Surabaya sangat dan semakin padat . Jalan sempit dan searah di Sragen serta sepanjang kawasan hutan di Ngawi dan Madiun kini semakin banyak dilalui truk besar dan truk gandeng, nyaris tiap kilo ketemu kura-kura raksasa ini (saking besar dan pelan karena bawa muatan). Bikin deg-degan ketika bus menyalip, lewat tanah tepi jalan atau hampir nyenggol pengendara sepeda motor. Jogja-Kertosono (Braan) biasanya 5 jam, minggu lalu 7 jam. Sambung bus ke Kediri 1 jam. Total 8 jam.
Kelebihan Bus :
1.Murah meriah, bus Patas AC dengan reclining seat dan makan gratis di rumah makan Duta Ngawi, untuk jurusan Jogja-Kertosono cukup 72 Ribu Rupiah. Pilihan makannya pecel, soto ayam, rawon atau ayam bakar.Minumnya teh atau es teh. tempat sholat dan kamar mandi dan toilet bersih juga tersedia. Dari Braan (Kertosono) lanjut Kediri Bus AC Ekonomi Harapan Jaya 6 ribu Rupiah. Total Jogja Kediri 78 ribu Rupiah
2.Fleksibel, tiap jam ada. Bahkan kalau mau lebih hemat bisa naik bis ekonomi AC, meski bukan Patas bus ini bebas asap rokok.

Sedangkan baliknya saya pakai kereta api Malabar.
Kekurangannya :
1. Tarif 2x tarif bus Patas. Ekonomi Malabar tarifnya Rp 160ribu Kediri-Jogja
2. Tidak fleksibel dan frekuensinya tidak sebanyak bus
Kelebihan
1. Lebih cepat. Kediri-Jogja hanya 4 jam. Tanpa macet
2. Nyaman. Meski ekonomi, sudah pakai AC dan tidak ada penumpang yang berdiri. Pedagang asongan juga tak ada. Yang bisa masuk kereta hanya penumpang berkarcis dan petugas kereta api. Meski kelas eksekutif sekalipun sekarang untuk makan harus pesan dan bayar ke pramugari kereta, dan kondisi sebagian gerbong eksekutif Malabar makin buruk. So, jika biasanya naik kelas eksekutif Malabar, maka naik ekonomi nya pun juga tidak terlalu kaget. Beda tipis saja.

Kalau tidak masalah dengan macet dan tidak mengejar penerbangan, bus Patas Eka sangat nyaman. Namun jika ingin nyaman dan cepat lebih baik naik kereta api. Konsekuensinya bayar lebih mahal.