Tag

, ,

Mungkin kurang banyak yang tahu ada pantai yang indah di selatan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur ini.Pantai Prigi yang meliputi tiga pantai yaitu Pantai Karanggongso, Pasir Putih dan Prigi ini bisa diakses dari mana saja terutama dengan adanya jalur kereta api yang melalui Tulungagung.
Dari Tulungagung, selain dengan kendaraan pribadi dan rental, bisa menggunakan angkutan umum berupa bus arah Trenggalek sampai terminal kecamatan Durenan sejauh 18 km, ganti angkutan pedesaan ke arah Pantai Prigi sejauh 30 km.
Sepanjang jalan menuju pantai akan terlihat puluhan rumah mewah, besar dan bertingkat hasil jerih payah TKI dan TKW yang mayoritas bekerja di Amerika Serikat, Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan, tak kalah dengan real estate di kota besar.
Jalan ke pantai hanya cukup untuk 2 mobil berpapasan plus berkelok kelok dengan diselingi pemandangan hijaunya hutan.
Sesampainya di area pantai kita bisa arahkan kendaraan ke kiri ke arah pantai Karanggongso, di pintu masuk ada petugas tiket. Tiket masuk sesuai karcis Rp 10 ribu/orang dan Rp 5 ribu/kendaraan.
Di ujung timur kita bisa nikmati pantai Karanggongso,KARANGGONGSOKARANGGONGSO2 pantai ini punya pantai berpasir halus warna coklat kehitaman, bening, ombak agak besar, pantai rindang. Tak perlu khawatir kelaparan karena banyak penjual makanan di sana. Ada juga jasa penyewaan tikar dan jasa naik perahu keliling pantai yang bertarif Rp 10 ribu/orang. Puas satu jam di situ kita bisa bergeser ke pantai pasir putih yang ada di sebelahnya. Sesuai namanya pasir berwarna putih kasar, ombak tenang karena ada karang pemecah ombak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Di sini banyak penjual ikan tuna sirip kuning, marlin dan sarden yang segar maupun sudah diasap harga di kisaran 10 ribu untuk sarden sampai 25 ribu untuk ikan tuna sirip kuning ukuran 1 kg. Sangat nikmat jika dimasak dengan bumbu gulai santan pedas.PASIRPUTIH
Bergeser ke barat ada Pantai Prigi yang sudah menjadi pelabuhan nelayan yang dilengkapi dengan fasilitas modern pelelangan ikan, pengasapan ikan,dan kantor dinas perikanan dan kelautan. Mushola dan MCK pun disediakan dengan kondisi yang layak.
Di ujung barat terdapat pantai yang dilengkapi dengan tempat duduk dari semen, ombak yang besar dan bergemuruh dan penampakan pantai saat sunset yang sangat indah. Lengkap sekali keelokan ketiga pantai yang dikenal dengan pantai Prigi ini. PRIGIMulai pantai Pasir putih dengan ombak kecil-tenang, pantai Karanggongso dengan ombak sedang hingga pantai Prigi sendiri yang berombak besar dan bergemuruh. Jika masyarakat nelayan ditempat lain umumnya dengan rumah sederhana dari kayu dan kumuh, di sini nyaris semuanya dengan rumah gedongan dan bersih. Mungkin dampak modernisasi dari pelabuhan tradisional menjadi modern. Worthed sangat.
Akses yang nyaman:
Kereta api Jakarta-Malang : Gajayana atau Matarmaja turun di Tulungagung
Kereta api Bandung-Malang : Malabar, turun di Tulungagung
Kereta api Yogyakarta-Malang : Malioboro Express, turun di Tulungagung
Bus Surabaya-Trenggalek : Patas Harapan Jaya, turun di Durenan.