Tag

Paling signifikan beda Singapura dengan Indonesia adalah di harga hotel yang selangit. Contoh paling nyata adalah hotel Ibis. Hotel Ibis Bencoolen yang rupa dan bentuknya kamarnya mirip dengan Ibis Slipi Jakarta tarifnya S$245 (Rp1,96 juta) permalam untuk pembelian langsung kamar saja. Padahal di saat yang sama Ibis Slipi hanya Rp 600 ribu termasuk sarapan. Alias 3x lipat lebih. Lokasinya yang sangat strategis-dekat pusat kota dan mana2 dgn jangkauan kaki maupun angkutan umum membuatnya mahal. Biaya hidup yang tinggi juga mempengaruhinya.
Jika ingin yang lebih murah dengan kondisi hotel yang sama dengan yang di pusat kota, terpaksa “menyingkir” ke daerah Geylang. Untuk kamar Hotel Fragrance Ruby yang mirip dengan Ibis Bencoolen tarifnya Rp 600 ribu tanpa sarapan. Namun ada fasilitas gratis, kopi, teh, pemanas air dan kulkas. Safe deposit box juga ada. Hanya sayangnya disini banyak “ayam kota” mangkal di warung dan pinggir jalan. Kurang nyaman buat yang bawa anak dan bujangan baik-baik.
Mau murah di pusat kota ya di hostel yang kamarnya diisi tempat tidur bertingkat dan bisa muat 8-16 tamu. Kabarnya tarip Rp 200 ribu/orang. Kurang cocok buat yang ingin privasi. Untuk perempuan baik-baik harap teliti dan hati-hati. Terutama kalau mau menginap di Little India pada hari Sabtu dan Minggu. Karena daerah ini akan dipenuhi laki-laki kuli bangunan India yang sangar, saat mereka libur kerja.