Tag

, , ,

Akhir pekan ini libur panjang dengan tambahan tanggal merah yang digeser ke hari Jumat. Biasanya kami berlibur keluar kota dengan pesawat, namun demi menghemat keuangan dan untuk kebutuhan lain, mau tak mau harus berhemat dengan hanya berlibur di dalam kota Banjarmasin.
Karena hati tetap bergejolak ingin berlibur dan tidak banyak menyita tenaga, akhirnya kami putuskan menginap di dua hotel Grup Accor yang ada di Banjarmasin yaitu Mercure dan Novotel, Berikut overview nya :
1. Mercure Banjarmasin (www.mercurebanjarmasin.com)
Hotel ini berada di lantai 1 sampai 12 gedung Duta Mall, di pusat kota Banjarmasin. Tepatnya di Jalan A.Yani KM 2,5. Dari Bandara Syamsudin Noor berjarak sekitar 30 km yang ditempuh sekitar 1 jam. Agak lama memang, karena untuk mencapai pusat kota harus melewati kemacetan di proyek pembangunan jalan layang di KM 4.
Kamarnya terasa lapang. Yang paling sempit adalah superior dengan luas 30 m2, berikutnya deluxe seluas 32 m2, deluxe executive 34 m2 dan yang paling besar suite 64 m2. makin luas makin mahal tarifnya.
Model kamarnya terkesan modern, bersih dan mewah. Untuk saat ini mungkin hotel ini masih memegang posisi juara di Banjarmasin sebelum digantikan oleh saudaranya Novotel yang baru buka bulan ini.

restoran

restoran Mercure Banjarmasin

Akses internet juga super mantap dan cepat. karena masing-masing kamar dipasang router/modem.

kolam renang

kolam renang Mercure Banjarmasin

Promo reservasi langsung di hotel mulai Rp 550 ribu/malam dengan full akses termasuk kolam renang dan gym, kecuali untuk sarapan, bayar lagi Rp 80 ribu/orang. Karena hotel ini menyatu dengan mall terbesar di Banjarmasin-Duta Mall, untuk mencari alternatif tempat makan yang lain juga mudah.

2. Novotel Banjarmasin Airport (www.novotel.com)

Sebenarnya lokasi hotel ini tidak di Banjarmasin, tetapi di seberang Bandara Syamsudin Noor kota Banjarbaru 30 km dari Banjarmasin.

Bisa dibilang WOW untuk desain hotel ini. Sangat luas, namun hanya 2 lantai mengingat sangat dekat dengan bandara. Meski begitu suara pesawat sama sekali tidak terdengar dari kamar hotel. Desainnya seperti hotel di Eropa dengan pusat di area kolam renang.

Ruang lobby dan pertemuan sangat luas dan langit-langit tinggi seperti layaknya hotel Novotel di kota lainnya.

Mengenai kamar, meski tak seluas dan selapang Mercure Banjarmasin, namun desainnya keren dengan akses kayu di lantai dan dindingnya. Perlengkapan mandi dan coffee/tea maker lengkap. Tempat tidurnya tidak sebesar di Mercure, tetapi ada sofa yang bisa difungsikan sebagai kasur tambahan. Bantalnya juga bervariasi, ada yang super lembut sampai yang biasa.

Internet cepat sekali meski tidak routernya tidak per kamar. Channel TV nya juga lebih lengkap di banding di Mercure.

Mungkin karena lokasinya dekat bandara, siaran TV in house berisi sampel hotel-hotel dalam jaringan Accor seluruh dunia. Pilot dan kru pesawat Garuda Indonesia juga beristirahat di hotel ini. Tak sampai 15 menit dari Bandara dan bebas macet. Selain itu hotel ini juga dekat sekitar 10 km ke pasar permata di Martapura.

Tarif promosi Rp 550 ribu plus pajak menjadi Rp 650 ribu sudah termasuk makan pagi untuk 2 orang.

EXTERIOR

Kolam renang Novotel Banjarmasin/Banjarbaru

ROOM

kamar Novotel Banjarmasin/Banjarbaru

ROOMS

Kamar Novotel Banjarmasin/Banjarbaru

Yang agak unik jika biasanya di Novotel kota lain karyawannya menggunakan jas safari, maka di sini seragamnya pakai kaos polo warna biru laut/muda yang terkesan santai dan sporty. Hanya petugas keamanan yang pakai baju safari.

Kesimpulan :

– Mercure Banjarmasin cocok untuk tamu yang ingin menikmati kota Banjarmasin, pasar terapung, sekalian cuci mata di mall terbesar kota ini. Kelengkapan hotel juga sudah sempurna. Hanya saja untuk ke bandara dan kota lain di Kalimantan Selatan agak terhambat dengan adanya pembangunan fly over. 30 km jarak ke bandara bisa memakan waktu 1 jam lebih.

– Novotel Banjarmasin Airport cocok untuk tamu yang ingin menikmati ketenangan dan kolam renang di hotel yang ala pantai Eropa ini. Serta tak ingin terganggu kemacetan lalu lintas menuju bandara. Agak jauh dari tempat makan umum, namun dengan mobil menjadi dekat dengan kota Banjarbaru dan pasar permata Martapura (selain permata juga tersedia kain sasirangan dan beragam souvenir khas kalimantan)