Tag

, , ,

Rute Surabaya-Malang-Trenggalek

Surabaya-Malang : dari bandara Juanda ke Malang bisa ditempuh langsung menggunakan travel dengan biaya Rp 70-80 ribu. Saat keluar bandara biasanya penumpang ditawari calo transportasi yang menawarkan taksi, jika penumpang menolak ditawari jasa travel yang lebih murah. Kelebihan dan kekurangan travel adalah penumpang diantar langsung sampai tujuan, sehingga buat penumpang terakhir memakan waktu lebih lama. Unit yang biasa dipakai Toyota Avanza atau Suzuki APV. Maksimum penumpang 4. Kalau mau langsung ke tujuan bisa menggunakan taksi. Biayanya per kilo meter. Transportasi Malang yang berjarak 91 km memakan biaya kurang lebih  Rp 300 ribu termasuk biaya tol. Transport termurah adalah kombinasi bus. Dari Juanda ke terminal Bungurasih dilayani DAMRI dengan biaya Rp 15 ribu. Dari Bungurasih ke Malang (terminal Arjosari) biayanya sekitar Rp 20 ribu. Bus AC. Posisi parkir bis di line 2 area bus PATAS antar kota.

Malang-Trenggalek : Bisa ditempuh dengan bus antar kota melalui kota Kepanjen, Blitar, Ngunut, Tulungagung baru Trenggalek. Ada juga travel Malang-Ponorogo yang melewati Trenggalek yang tarifnya sekitar Rp 60 ribu, kalau mau langsung sampai Ponorogo tarifnya Rp 65 ribu. Nama travelnya Bintang dan Star. Bintang adalah versi lama, tempat duduk bebas, first order first service, sedangkan Star pemilihan tempat duduknya bisa dipesan bersamaan saat pesan travel. Travel ini menggunakan Daihatsu Luxio, maksimal penumpang 6.

Adapun untuk balik ke Surabaya dari Trenggalek yang termurah menggunakan bus Patas Harapan Jaya yang lega, relatif baru, terawat, banyak armadanya (hampir setiap 30 menit berangkat) dan bertarif murah-hanya Rp 30 ribu untuk jarak sejauh 180 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam. Memang untuk transportasi di Pulau Jawa relatif lebih bagus dan murah dibandingkan di luar Jawa, ditunjang oleh jalan yang bagus dan penumpang yang banyak.