Tag

, , , ,

Situasi

Malaysia mencanangkan diri sebagai destinasi wisata utama dunia dengan slogan Truly Asia. Keseriusan mereka terasa dengan begitu mudahnya mendapatkan brosur wisata gratis yang dibuat menarik. Pusat informasi wisata ada dimana-mana. Masuk Malaysia kini tak perlu lagi pakai dokumen imigrasi yang rumit.cukup bawa paspor dan tiket, sesampai Malaysia paspor kita akan ditempeli stiker dua bagian, yang satu bagian akan diambil saat kita keluar. Infrastruktur jalan mulus, transportasi, hotel dan informasi mudah diakses, tertata dan relatif murah. Kecuali taksi yang belum setertib di Indonesia, dan internet/SIM Card telepon yang tak semudah/sebebas memperolehnya di Indonesia. Kondisi masyarakat nya juga bervariasi. Orang Melayu banyak di pemerintahan, sedangkan pekerjaan kasar banyak digeluti orang keturunan India dan Cina. Saking banyaknya keturunan India dan Cina, pengemis-peminta minta, fakir miskin dan tukang becak di Penang kebanyakan dari mereka. Pemandangan yang tidak umum kita jumpai di Indonesia.

Keuangan

–          Bawa ATM dari Indonesia. Kartu ATM Indonesia bisa dipakai di sini. Utamanya yang ada logo Visa atau Mastercard. Kurs Bank Mandiri meski ada biaya tambahan IDR 20.000 per transaksi namun lebih baik daripada kurs CIMB Niaga. Ambil MYR 500 di ATM CIMB pakai kartu CIMB Niaga terpotong di tabungan IDR 1.611.000 (1 MYR = 3.222 IDR) padahal kurs BI hari itu (1MYR = 3.120 IDR), sedangkan pakai kartu Mandiri di ATM Maybank MYR 500 terpotong di tabungan IDR 1.567.551,68 (1 MYR = 3.132 IDR) plus ongkos tarik tunai IDR 20.000

–          Money changer. Kali ini saya tidak bawa bekal Ringgit maupun USD, Rupiah yang saya bawa juga tidak saya tukar. Semata mata mengandalkan kartu debit Mandiri dan CIMB Niaga. Pengalaman sebelumnya tahun 2010 di KL , Rupiah dihargai lebih tinggi daripada di Jakarta.

Transportasi

–          Taksi tak sebagus dan setertib di Indonesia. Tarif tawar menawar. Taksinya rata-rata sudah butut-out of date, meski demikian AC nya tetap dingin. Dari bandara ke down town penang MYR 44, bayar di kaunter taksi

–          Bus Rapid Penang. Ini adalah alat transportasi yang bisa diandalkan. Bus nya bagus dan terawat, AC sejuk, tarif murah, menjangkau hampir semua area, jalan rayanya mulus. Siapkan uang pas. Disini uang logam recehan sampai 10 sen pun berharga dan dipakai. Kalau tidak rugi sendiri, jarang ada uang kembalian karena begitu masuk kita langsung tunjukkan ke sopir lalu masukkan uang ke mesin dan kita dapat karcis . Misal jarak dekat MYR 1.4, menengah MYR 2, jauh MYR 3.4. Kalau kita bayar MYR 2 untuk jarak dekat, otomatis uang kita ditelan mesin tanpa kembalian. So, bayar kurang tidak boleh, bayar lebih boleh. Untuk bandara ke area down town Penang MYR 2.7 saja, namun hanya beroperasi sampai jam 11 malam.

–          Jalan kaki. Ini cara termudah dan termurah untuk yang tinggal sekitar pusat kota/down town Penang. Kalau capek tinggal naik bus CAT di halte yang melayani keliling kota secara gratis. Bukan hanya turis, masyarakat umum Penang pun boleh menggunakan fasilitas ini.

Makanan halal

–          Perbandingan tempat makan halal dan tidak halal di sini berimbang. Yang tidak halal biasanya warung makan Cina-walau ada yang halal juga, sedangkan warung India Muslim-nasi kandar banyak tersebar di sini. Nasi kandar bagi saya sangat enak dengan rempah-rempahnya. Ayamnya digoreng kering dengan tepung bumbu tipis yang gurih. Makan sepiring penuh, lauk ayam dan minum tea tarik berdua cukup MYR 12. Penanda halal atau tidak, sangat jelas.

–          Harga makanan cepat saji di Malaysia relatif lebih murah daripada di Indonesia, beda tipis dengan warung makan biasa. Fast food halal KFC dan Mc Donald untuk paket seharga MYR 11 (IDR 33.000) isinya sudah lengkap dan porsi besar yang bisa untuk berdua. Pengalaman di Indonesia makan berdua di tempat ini selalu lebih dari IDR 50.000, karena minimnya size dan content paket makanan. Kalau melihat harga dan kerumunan orang antri makan, harusnya pengusaha fast food di Indonesia bisa lebih cepat kaya/balik modal.he he.

–          Nasi lemak murah bisa ditemukan di pasar Chowrasta, Sebungkus kecil nasi lemak/uduk isi ikan teri, telor ½, dan kacang goreng dihargai MYR 1.2 (IDR 3.600). tea tarik MYR 0.8 (IDR 2.400). nasi padang juga ada di pasar ini. Makan nasi gulai ikan dan ayam, minum tea manis berdua MYR 12.

–          Makan di dalam bandara juga tidak terlalu mahal. Di kopitiam halal nasi goreng lauk ayam goring besar plus sambal dihargai MYR 9. Tapi air minum ternama ukuran 600 ml cukup mahal (MYR 2.9~IDR 9.000), cari saja di kaunter yang menjual air minum merk biasa lebih murah seharga MYR 1.5.

Telekomunikasi

–          Hotel Tune menjatah internet gratis ½ jam di internet corner. WIFI Tune berbayar MYR 10 (IDR 30.000/24 jam), sedangkan di warnet  MYR 2/jam. Beli kartu perdana lebih rumit daripada di Indonesia, dan di kantor TM (Telekom Malaysia) pun tidak tersedia

–          Pakai BB unlimited roaming kartu As-Telkomsel dengan partner MAXIS memotong pulsa IDR 55.000/hari. Sedangkan 3 hari memotong pulsa IDR 140.000/3 hari. Namun hari-hati, pastikan network selection mode : Manual, pilih My Maxis. Dan yang paling penting pastikan select automatic mode when manually selected network is not available : No. Selalu pilih No. kalau dipilih Yes dia akan cari sinyal terkuat-pindah ke operator lain, langganan BBM full service kita menjadi tidak berlaku dan menyedot pulsa kita sampai habis. Pengalaman pribadi, saldo pulsa IDR 300 ribuan habis tandas dalam sekejap karena menerima email tidak penting di yahoo-bayar per KB. Pengalaman memang mahal.

Souvenir dan oleh-oleh

–          Bisa diperoleh di Jalan Penang dekat pasar Chowrasta. Kaos kualitas lumayan bagus MYR 20-25. Gantungan kunci 6 biji MYR 9. Kalau di bandara harga segitu dapat sebiji saja.

–          Produk coklat yang lezat (Beryl,Cadbury), bumbu masak instan khas(Adabi, Baba), kopi/coklat instan(Chek Hup), tea (Boh, Cameroon Highland) bisa dijadikan oleh-oleh dan dibeli di supermarket. Beberapa sudah ada di pasaran Indonesia, namun dinegara nya lebih murah.

Di bandara(tidak saya temukan di Giant/Carefour) Coklat Beryl 1 paket 3 batang beraneka rasa MYR 12 (IDR 36.000).