Tag

, , , ,

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 67

Dua hari lagi InsyaAllah tiba saat hari raya Idul Fitri 1433 H. Sebagian dari kita sudah sampai di kampung halaman, sebagian masih dalam perjalanan dan sebagian lagi belum melakukan perjalanan mudik. Beberapa tips mudik berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun terakhir sbb :

1.Transportasi

Pertimbangkan melakukan pemesanan tiket jauh hari, karena biasanya harganya lebih murah dan masih tersedia. Pertimbangkan juga apakah lebaran berikutnya adalah jadwal piket di kantor atau tidak. Sayang jika anda setelah anda punya tiket ternyata hangus/kena potongan dari refund tiket karena ternyata anda bertugas di kantor. Pilih transportasi senyaman mungkin supaya energi anda tidak banyak terkuras. Meski mudik jarak jauh biasanya mendapat keringanan untuk tidak berpuasa, namun tetap sayang anda tidak mendapat pahala puasa setahun sekali ini. Jika anda membeli tiket dalam jumlah di atas nominal tertentu (biasanya diatas 1 juta) menggunakan kartu kredit tertentu, anda akan ditawari oleh bank penerbit kartu kredit cicilan 3 bulan bunga 0%. Lumayan beli 4 bulan sebelum keberangkatan, dapat tiket relatif lebih murah dan pas berangkat tiket anda sudah lunas-tidak dalam status hutang.

2. Bereskan semua pekerjaan

Membereskan semua pekerjaan kantor sebelum libur lebaran bisa membuat lebaran anda lebih fokus dan bisa menikmatinya, sehingga setelah kembali ke tempat kerja anda lebih segar dan lebih konsentrasi bekerja.

Bereskan semua kewajiban bulanan anda (iuran/tagihan listrik, air, RT, telpon, cicilan, kartu kredit dsb)

3. Pakaian/Busana lebaran

Tidak ada salahnya lebaran menjadi kesempatan anda membeli pakaian muslim yang baru, sekaligus menghargai kerja keras anda selama setahun. Kalau anda sudah bosan pakaian lama dan anda anggap sebagai pakaian bekas layak pakai, bawa mudik, bisa diberikan ke orang yang membutuhkan di kampung halaman, karena tidak semua orang punya kemampuan membeli pakaian baru setiap tahun.

4. Makanan minuman

Berlatih memasak makanan khas lebaran seperti ketupat sayur, lontong, opor, sambal goreng hati saat Ramadhan membantu menjadi lebih pengalaman saat membuat menu untuk hidangan Idul Fitri. Mengenai harga bahan makanan dan minuman yang cenderung naik di setiap Ramadhan dan Idul Fitri bisa disiasati dengan memanfaatkan promo pembayaran menggunakan kartu kredit/kartu debit yang memberikan diskon/cashback 5-15%. Tidak hanya bank, operator telpon seluler seperti Telkomsel memberikan potongan harga di minimarket dengan menukarkan poin, bukti penukaran poin berupa kode akan mendapat dikirim ke no hp dan ditunjukkan ke kasir untuk diinput untuk mendapatkan diskon.

5.Zakat

Jangan lupa membayar zakat atas penghasilan anda selama setahun. Jika anda sudah bayar tiap bulan, maka di lebaran ini bisa anda bayarkan zakat untuk harta simpanan anda seperti emas, tanah dan lainnya yang baru jatuh tempo setahun sekali. Zakat bisa diwujudkan dalam bentuk angpao lebaran buat anak-anak yang bertamu ke rumah, ke panti asuhan, ke famili dan lingkungan sekitar yang kurang mampu. Sehingga semuanya turut menikmati hak mereka atas harta kita ( minimal 2,5% harta umat Islam adalah milik orang yang berhak-fakir miskin, mualaf, orang yang bangkrut, fisabilillah, musafir dan amil zakat)

6.Keamanan

Pastikan anda menginformasikan ke pengurus keamanan yang anda percaya di lingkungan anda bahwa anda mudik/pulang kampung, matikan saluran listrik yang tidak diperlukan, menitipkan kendaraan ke tempat penitipan kendaraan yang anda percaya.Jika menggunakan kendaraan pribadi periksa kondisi kendaraan, kalau perlu diservis terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan panjang, jika menggunakan kendaraan umum jangan terpancing pada tawaran makanan minuman gratis pada orang yang baru anda kenal.

7. Uang

Tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak karena mengundang kejahatan, yang cash tetap diperlukan untuk angpao, makan di warung dan keperluan lain yang tidak bisa digantikan dengan kartu. Jika kota tempat mudik anda tersedia toko swalayan, SPBU yang melayani penggunaan kartu, menggunakan kartu (debit/kredit) lebih memudahkan. Selain untuk belanja, kartu tersebut bisa untuk tarik tunai di ATM terdekat dengan tempat mudik anda.

Selamat menikmati mudik 2012 dan menjadi pengalaman yang membahagiakan.