Tag

, , , , , , ,

Selamat hari kartini !

Tak terasa sudah memasuki pertengahan tahun 2012, di saat bersamaan liburan sekolah di Indonesia akan datang sebentar lagi-di bulan Juni dan Juli. Biasanya mengisi liburan dengan acara di rumah maupun di luar rumah. Tergantung kebutuhan dan budget keluarga. Untuk yang  keluar rumah perlu persiapan yang baik agar liburan mengesankan. Memang dengan uang yang cukup bisa memenuhi keinginan di perjalanan, namun dengan persiapan yang baik tidak saja hemat keuangan tapi akan memberikan manfaat yang lebih besar kepada spritual. Kali ini saya mencoba untuk berbagi tips agar liburan lebih hemat.

1.Transportasi

Pilihan transportasi saat ini bermacam-macam, seperti bus yang lebih nyaman, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Untuk memilih bus yang nyaman biasanya kelas eksekutif yang paling nyaman. Coba cari di mesin pencari (misal google, yahoo) nama armada bus. disitu biasanya ada info call center, email, rute dan tarif. Dengan info di website insya Allah pencarian armada bus yang sesuai pilihan lebih mudah. beberapa armada bus yang populer antara lain : DAMRI, Kramat Jati, Pahala Kencana, Rosalia Indah, Harapan Jaya dll.

Untuk kereta api, PT KAI selaku operator tunggal jasa transportasi kereta api di Indonesia juga terus berbenah untuk melayani masyarakat Indonesia, berbagai kelas tersedia dengan harga relatif terjangkau, mulai ekonomi,bisnis hingga eksekutif. Kereta wisata yang bisa disewa satu gerbong pun tersedia. Website kereta api (www.kereta-api.co.id) cukup memberikan gambaran fasilitas layanan, rute dan tarif kereta api. Untuk reservasi /pemesanan tiket dan informasi lainnya bisa telpon ke 021-121.

Transportasi dengan kapal laut, yang paling terkenal adalah PELNI, yang menghubungkan pulau-pulau yang ada di seluruh Indonesia, sedangkan layanan kapal laut swasta yang terkenal adalah DLU (Dharma Lautan Utama) dan Primavista. Rute dan tarif bisa dicari di website masing-masing.

Sedangkan transportasi udara, alhamdulillah semakin banyak pilihan penerbangan di Indonesia. Baik penerbangan dalam negeri (Garuda Indonesia, Citilink, Lion/Wings Air, Sriwijaya Air, Batavia Air, Mandala, Merpati dll) maupun luar negeri (Air Asia, Jetstar/Value Air, Tiger, Silk Air dll) tersedia untuk berbagai tujuan di Indonesia. Untuk pencarian tiket termurah semua maskapai bisa dicari di http://www.skyscanner.co.id. Namun kadang tidak semua maskapai terecord di sini, dan tarif yang muncul khusus Garuda bukan tiket termurah. Biasanya cari di skyscanner kemudian cari harga best price di website Garuda (www.garuda-indonesia.com), seringkali lebih murah tarif garuda di website nya sendiri. memang untuk saat ini Garuda Indonesia adalah penerbangan yang paling nyaman karena tiap kursi ada fasilitas hiburan audio video yang bisa dipilih sendiri sesuai keinginan (satu2nya di Indonesia), ada majalah Garuda yang mewah dan bisa dibawa pulang (di cover depan tertulis your personal copy–kalau di maskapai lain tertulis tidak untuk dibawa pulang), koran terbaru, ada makan minum gratis, dan terkadang harganya lebih murah dari maskapai yang tidak ada fasilitas seperti ini. Dengan fasilitas ini serasa sudah liburan, kalaupun tidak minimal mengurangi kejenuhan di pesawat.aneka logo airline Pembayaran tiket di internet ini langsung dengan menggunakan kartu kredit atau dengan tunda via ATM/Internet Banking. Maskapai akan memberikan kode booking dan kode pembayaran, kode pembayaran ini yang akan diinput di ATM untuk mendapatkan slip pembayaran yang bisa ditukar dengan tiket status confirmed di bandara,

Untuk di darat, setelah turun dari kereta api, kapal laut dan pesawat terbang, perjalanan biasanya dilanjutkan dengan transportasi penghubung ke tempat tujuan (akomodasi), di Jakarta banyak pilihan seperti Bus DAMRI yang nyaman, berbagai macam pilihan taksi (Blue Bird yg terkenal dan aman tapi tarifnya paling tinggi), rental mobil maupun jemputan dari hotel. Hotel besar biasanya ada jemputan gratis dari bandara ke hotel.

2. Akomodasi

Akomodasi di sini adalah tempat tinggal di lokasi tujuan. Syukur kalau ada sanak keluarga di lokasi tujuan liburan, paling tidak ada alternatif tempat menumpang. Jika tidak mau merepotkan keluarga coba tanya ke mereka hotel apa yang direkomendasikan. Atau jika tidak juga mendapat jawaban yang pasti, coba cari informasinya di http://www.tripadvisor.com, tinggal ketikkan nama kota, maka akan muncul review hotel-hotel yang ada di kota itu,  review ini dari pengunjung hotel, jadi relatif jujur/apa adanya. Di situ juga bisa sekalian cek harga/booking pada tanggal yang diinginkan. mereka akan menghubungkan ke website jasa pencarian hotel yang terkenal seperti agoda.com, booking.com, hotels.com dll. Selain melalui tripadvisor, akomodasi juga bisa dilihat di web link garuda-indonesia.com/hotel dan batavia-air.com. bagi pemegang kartu kredit mandiri saat ini ada promosi diskon 7% di http://www.agoda.com/mandiri. Lumayan penghematannya.

Jaringan international seperti group Accor (www.accor.com dengan tarif termahal sampai termurahnya-Pullman/Sofitel, Novotel, Mercure, All Season, Ibis, Formule1)Hotel Group Accor, Best Western (www.bestwestern.com), dan juga group yang hotelnya mayoritas di Indonesia seperti Aston (www.aston-international.com), Swiss Belhotel dan Santika (Hotel Santika Premier, Santika dan Amaris) melayani pemesanan via internet.

Untuk transaksi pemesanan akomodasi via internet ini hampir sama dengan pemesanan pesawat udara, bedanya kalau pesan hotel hanya terima kartu kredit. Ada yang langsung potong ke kartu kredit ada yang baru dipotong ketika check out hotel (hanya sebagai jaminan). Pastikan anda membaca syarat dan ketentuannya. Disarankan pemesanan jauh hari, karena biasanya akan lebih  murah daripada beli mendadak/mepet.

3. Makan dan Minum

Untuk yang Muslim, umumnya relatif mudah mendapatkan makanan halal di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei dan negara yang banyak umat Islamnya. Di Indonesia, meski di daerah yang bukan mayoritas Muslim seperti Bali, makanan halal saat ini mudah ditemukan terutama di daerah wisata-Denpasar, Kuta, Legian, Bedugul dsb. Banyaknya pendatang dari Jawa, Sumatera, Sulawesi dsb turut menambah variasi makanan halal di pulau dewata ini. Untuk ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, sangat mudah menemukan makanan siap saji halal di minimarket, supermarket dan hypermarket, tandanya adalah label halal di kemasan. Di Thailand pun mudah menemukan nasi siap saji (tinggal dihangatkan di microwave) lengkap dengan lauk pauknya dengan sertifikat halal dari MUI-nya Thailand.

Untuk Malaysia terkenal dengan nasi lemak nya-di Indonesia kita sebut nasi uduk. Harga-harga makanan minuman di food court tempat prestisius seperti mall Suria KLCC-di kaki menara Petronas terasa sangat murah jika dibandingkan dengan di mal-mal Jakarta. Rasa makanan minuman juga lezat, mirip-mirip makanan Sumatera (Padang & Melayu). Thailand memang agak susah menemukan makanan halal kecuali di kawasan Muslim dekat masjid jl Petchaburi yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Siam Paragon, makanan  halal di sini agak lain dengan masakan Indonesia karena selera Thailand, tapi tetap lezat dan berasa bumbunya. Sedang di Singapura banyak tempat makan yang menyediakan makanan halal seperti grup Banquet yang ada kedainya di RS.Mount Elizabeth. Informasi mengenai ketiga negara ini banyak diulas oleh para traveller di internet.

Untuk minum, saya terkesan dengan Thailand yang di supermarketnya selalu tersedia air kemasan dalam volume 5 liter. Ukuran yang pas buat traveler yang tinggal 2-3 hari di sana.air minum kemasan 5 liter dan 1 liter di Thailand

Untuk biaya makan di dalam negeri relatif terjangkau, kecuali di Jakarta yang  menjadi pusat ekonomi Indonesia, demikian juga Bandung menjadi terasa mahal sejak menjadi tujuan akhir pekan orang Jakarta. Di KL, Bangkok, Phuket semuanya murah-lebih murah dari Jakarta kecuali bensin yang kalau di rupiahkan 12 ribu rupiah/liter. Raja mahal ya Singapura, karena semuanya mereka impor dari luar negeri kecuali air daur ulang untuk minum dan kebutuhan sehari-hari.

Cobalah cari tempat yang menjual makanan khas tempat/negara tersebut, cari yang sesuai keyakinan/halal atau tidaknya, dan tentu pastikan sesuai dengan isi dompet, dan tak lupa perhatikan kebersihannya. Untuk antisipasi gangguan akibat makanan minuman yang tidak sesuai dengan lambung, biasanya selalu bawa obat maag, obat diare dan cairan antiseptik. Dan jangan lupa berdoa sebelum makan. Niscaya liburan anda mengesankan, karena mendapat pengalaman yang betul-betul berbeda di makanan, dan tidak terjadi insiden dengan pencernaan anda.

4. Obyek wisata

Wisata alam milik pemerintah umumnya murah meriah tiket masuknya, sedangkan tempat wisata milik swasta yang dilengkapi berbagai fasilitas permainan biasanya lebih mahal.

Demikian halnya dengan museum seperti Museum Bank Mandiri, Fatahillah, Wayang, Benteng Rotterdam Makassar, dll yang dikelola pemerintah, tarif masuknya tidak lebih dari 10 ribu rupiah.

Sedangkan wahana permainan seperti Dufan, Trans Studio Makassar & Bandung, Kidzania sudah pasti di atas 100 ribu kalau ingin menikmati semua fitur permainannya. Yang lebih murah ada TMII, Jatim Park,  candi Borobudur/Prambanan dan ratusan tempat permainan

Di luar negeri, harga mengikuti standar hidup warganya, seperti Singapura hampir pasti lebih mahal daripada obyek wisata di Indonesia, Thailand maupun Malaysia.

Hitunglah dan persiapkan dana untuk masuk obyek wisata

5. Oleh-oleh

Ini adalah barang yang paling umum dibeli sebagai kenangan kalau sudah pernah dari suatu tempat, baik untuk sendiri maupun untuk tetangga. Untuk oleh-oleh sendiri bisa barang eksklusif seperti pajangan dinding, miniatur suatu lokasi obyek wisata, pernik-pernik khas daerah tersebut maupun kaos yang nyaman. sedangkan untuk tetangga bisa dibelikan gantungan kunci, kaos, makanan khas yang kualitasnya bisa kita sesuaikan dengan budget. Dan kita perlu mencari informasi tempat untuk mendapatkan barang & makanan khas daerah dengan kualitas baik tetapi harga grosir, seperti kalau di Bandung-sekitar Pasar Baru & Masjid Agung, di Jakarta – Tanah Abang, di Yogya-Beringharjo, di Makassar-jalan Sombaopu, di KL-Petaling, di Singapura-Bugis Village, di Bangkok-Chatuchak. Dan tidak menutup kemungkinan di tempat lain yang terkadang baru muncul dan menjadi ikon baru suatu daerah.

Kartu pos dengan prangko negara/tempat yang kita kunjungi bisa juga menjadi oleh-oleh. Apalagi jika dikirim dari negara tersebut. Tidak harus di luar negeri, wisata di dalam negeri asalkan gambar dan prangko mencerminkan daerah yang kita kunjungi juga menjadi oleh-oleh yang mengesankan. Memang ada jeda, seperti dari Malaysia, dengan prangko MYR 1.5 seminggu sampai di Indonesia. Demikian juga dari Thailand dengan prangko THB 15 sekitar seminggu kartu pos sampai di Indonesia.

Pastikan anda sudah menyusun rencana perjalanan, detil hari yang didetilkan lagi per kegiatan, menghitung berapa kira-kira pengeluaran dari masing-masing kegiatan ini, lebihkan 10-25% untuk cadangan. Dengan menyusun rencana/persiapan liburan, niscaya perjalanan anda akan lebih terarah, mengesankan dan membuat hati anda bahagia dengan batasan waktu liburan dan dana yang tersedia.

Untungnya kita hidup di zaman dimana  lautan informasi liburan tersedia di internet. jadi kalau anda belum sempat menikmati langsung ke lokasi tujuan, anda bisa membayangkan indahnya tempat itu, toh sesungguhnya kebahagiaan hanya bisa ditemukan di dalam hati🙂