Tag

, ,

Judul di atas adalah gambaran manfaat lain penggunaan kartu kredit, khususnya kartu kredit Gold/Platinum/Titanium Bank BNI. Soalnya untuk bank lain, Mandiri misalnya baru yang Platinum yang dicover asuransi ini. bukan promo, karena saya bukan sales dan tidak ada afiliasi dengan BNI.hehecontoh kartu kredit BNI

Kalau saya baca buku panduan dan website nya setiap pembelian tiket pesawat menggunakan kartu kredit dilindungi asuransi meliputi

A. Perlindungan  Kecelakaan Perjalanan Udara

Perlindungan bagi Anda Pemegang Kartu Kredit BNI Emas, Titanium dan Platinum  yang mengalami kecelakaan dalam perjalanan sebagai penumpang dengan menggunakan angkutan udara dengan persyaratan utama tiket pesawat harus dibeli dengan menggunakan Kartu Kredit BNI Emas, Titanium dan Platinum. Pertanggungan yang Anda peroleh maksimal senilai Rp.500 juta (untuk Kartu Emas) dan Rp. 4 milyar (untuk Titanium dan Platinum)

Cara Klaim

Kirimkan melalui faksimili ke (021) 572 8800 atau melalui pos kepada Unit Koresponden BNI Card Center dengan alamat Wisma 46 Kota BNI Lt. 38, JI. Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220 dengan dokumen sbb:
•    Fotokopi/salinan pembelian tiket dengan menggunakan Kartu Kredit Emas, Titanium dan Platinum.
•    Fotokopi/salinan tiket pesawat.
•    Fotokopi identitas diri/KTP.
•    Surat permohonan klaim lengkap dengan data nama dan nomor Kartu Kredit BNI Emas, Titanium dan Platinum.
•    Surat  keterangan dari Rumah Sakit yang berisi perincian diagnosis penderita (apabila dalam bentuk salinan harus dilegalisir).
•    Surat keterangan dari maskapai penerbangan atas kejadian tersebut.
•    Surat keterangan kematian (apabila meninggal dunia).

B. Perlindungan  Ketidaknyamanan Perjalanan Udara

Fasilitas penggantian transaksi* yang dilakukan  Pemegang Kartu Kredit BNI Emas, Titanium dan Platinum selama terjadinya ketidaknyamanan perjalanan apabila tiket pesawatnya dibeli dengan Kartu Kredit BNI Emas, Titanium dan Platinum maksimal dengan penggantian Rp.2 juta (untuk Kartu Emas) dan Rp. 20 juta (untuk kartu Titanium dan Platinum).

Kategori ketidaknyamanan perjalanan udara sebagai berikut :
a.    Keterlambatan penerbangan (≥ 4 jam).
b.    Keterlambatan sambungan perjalanan/transit   (≥ 4 jam).
c.    Keterlambatan bagasi (≥ 48 jam).
d.    Kehilangan bagasi (≥ 6 jam).

*Kriteria transaksi adalah pembelian barang/jasa bersifat darurat atau mendesak yang diperlukan oleh dan untuk Pemegang Kartu Kredit BNI Emas, Titanium dan Platinum selama terjadi ketidaknyamanan, seperti : restoran, hotel atau pakaian. Pihak BNI Card Center berhak menolak klaim sesuai kebijakan berlaku.

Cara Klaim

Kirimkan dokumen melalui faksimili ke (021) 572 8800 atau melalui pos kepada Unit Korespondensi & Resolusi BNI Contact Center dengan alamat Wisma 46 Kota BNI Lt. 38, JI. Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220. Dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam pengajuan klaim sebagai berikut :
•    Fotokopi/salinan pembelian tiket dengan menggunakan Kartu Kredit BNI Emas, Titanium dan Platinum.
•    Fotokopi/salinan tiket pesawat.
•    Fotokopi/salinan identitas diri/KTP.
•    Slip pembayaran/pembelian/sales draft  pembelanjaan yang sangat mendesak atau kebutuhan penting lainnya pada saat peristiwa terjadi.
•    Surat keterangan asli dari maskapai penerbangan atau Property Irregularity Report (PIR) untuk kasus kehilangan bagasi, keterlambatan penerbangan, keterlambatan sambungan perjalanan/transit dan keterlambatan bagasi.

Karena itulah saya cenderung menggunakan kartu kredit BNI saat membeli tiket pesawat, meski belum pernah klaim-semoga seterusnya, tidak ada salahnya untuk jaga-jaga.  Semoga jenis kartu lainnya (selain gold/platinum/titanium) suatu saat bisa dicover dengan asuransi gratis seperti ini. Amin.