Tag

,

Sore tadi jam 6 sore saat hendak ke kota, tiba-tiba mobil kami mogok, tak mau di starter. Kami berinisiatif untuk mengeluarkan dari garasi dan mendorongnya di jalan depan rumah. Meski Sudah di dorong sambil starter ternyata tak kunjung ada tanda-tanda mau hidup. Kami bertanya-tanya apa gerangan yang terjadi pada mobil yang umurnya baru 2,5 tahun, buka bungkus dari dealer dan KM nya baru 30 ribu km . Bensin masih setengah penuh, panel masih bisa nyala, lampu-lampu masih bisa nyala, alarm masih bisa bunyi, wiper juga masih bekerja. Tapi kok tidak bisa di starter sama sekali. Ada apa gerangan. Di tengah-tengah kebingungan hujan turun dengan derasnya, plus kumandang adzan Maghrib terdengar. Berhubung saya yang kebagian mendorong mobil maka basah kuyuplah saya. Istri yang tadinya di dalam mobil ikut keluar setelah tidak ada tanda-tanda mobil bisa di starter, maka basah pulalah ia. Hopeless. Saya coba kontak teman kantor untuk pinjam jamper aki, ternyata tidak ada yang punya. Ya sudahlah di tengah lebatnya hujan kami dorong kembali mobil ke garasi sejauh 50 meter. Dan ternyata karena untuk menuju garasi ada rel pagar dan kemiringan garasi plus badan lelah kerja seminggu dan mendorong mobil sejam tanpa hasil, hanya ¾ badan mobil yang bisa masuk area rumah, ¼ di luar pagar. Tiba-tiba listrik juga padam. Lengkap sudah penderitaan sore ini.
Di tengah kegalauan istri minta diriku untuk sholat Maghrib sambil berdoa untuk diberikan jalan keluar. Setelah sholat saya coba lagi starter mobil. Belum bisa juga ternyata. Akhirnya saya ambil buku servis & garansi dan buku pedoman pemilik mobil, disitu ada info bahwa garansi aki/baterai berlaku 2 tahun atau 50 ribu km mana yang lebih dahulu tercapai.Mulai ada titik terang, mungkin aki mobil saya sudah lewat dari umur pakai. Kami cari buka lagi halaman demi halaman dan akhirnya di halaman terakhir ada lembar Dukungan Service Emergency 24 Jam oleh Astra World dan call center di 89 898 (tanpa kode area-berlaku nasional). Maka saya hubungi nomor tersebut, dari seberang operator memandu menghubungkan dengan bagian teknis Astra World. Alhamdulillah setelah curhat, petugas mekanik Astra World memberikan solusi untuk menangani aki mobil kering sebagai berikut :
1.cari tempat untuk mendorong mobil
2. pasang mobil pada gigi 2
3.dorong cukup kencang sejauh 5-10 meter
4.lepas kopling, niscaya aki akan terpancing dan mobil bisa di starter.
Kami langsung coba tips tersebut. Alhamdulillah tips tersebut betul-betul berguna, mobil bisa distarter dan kembali jalan. Dan akhirnya jam 9 malam tepat, mobil bisa masuk dengan manis di garasi. Kemudian mobil dimatikan, coba distarter lagi dan ternyata tidak bisa. Meski begitu kami menjadi tahu teknik menangani mobil yang tak bisa di starter, tahu kalau aki harus diganti pada kurun waktu tertentu (2 tahun), dan yang penting ternyata peristiwa sederhana bagi mekanik ternyata sangat rumit bagi yang belum tahu ilmunya. Terimakasih untuk Astra World yang siap sedia membantu customernya 24 jam. Pengalaman yang luar biasa. Alhamdulillah.