Tag

, ,

Pengalaman bertransportasi yang efektif di Bali saya urutkan dari yang paling efektif dan murah hingga yang termahal adalah sebagai berikut :

1. Sewa mobil

Sewa mobil di Bali adalah yang termurah yang pernah saya rasakan. Dengan Rp 200 ribu kita bisa sewa 24 jam tanpa sopir tanpa BBM.Tanpa sopir ini artinya mobil hanya diantar ke penyewa atau penyewa datang sendiri, sedangkan tanpa BBM artinya BBM yang ada hanya cukup untuk dibawa ke SPBU terdekat. Pengalaman saya kalau kita wisata seputar Denpasar, Kuta, Legian, Ubud dan Nusa Dua isi bensin Rp 50 ribu (11 liter) sudah cukup untuk sehari).

Total Rp 250 ribu sudah bisa jalan keliling area di atas. Kalau mau lebih jauh ke Bedugul, Kintamani atau Besakih nambah Rp 50 ribu lagi buat BBM.

Syarat utama : harus punya SIM A sebagai tanda kalau kita layak mengemudi, dan KTP untuk jaminan pinjaman ke rental mobil. Siapkan peta supaya tidak nyasar

2. Ikut paket wisata

Sangat efektif buat yang tidak mau repot. Cukup duduk manis kita akan diantar kemana yang kita mau. Biayanya Rp 450 ribu untuk 12 jam perjalanan. Umumnya sopir sudah berpengalaman/paham mengenai tempat wisata yang ada di Bali.

3. Taksi Argo

Ini adalah transport paling mahal terkait dengan jarak. Contoh dari Teuku Umar Denpasar ke Bali Safari and Marine Park yang berjarak 20 km biayanya sekitar Rp 120 ribu. Pulang pergi silakan dikalikan dua. Apalagi kalau dari BSMP ke Kuta,biayanya sekitar Rp 200 ribu pakai taksi gelap sekali jalan.

Selain menggunakan kendaraan roda empat, kita bisa menyewa kendaraan roda dua yang sewanya hanya Rp 50 ribu/hari. Angkutan umum ?tidak ada angkot di Kuta dan Denpasar. Sebabnya, dulu pernah ada angkot, namun baru jalan kalau sudah penuh, apalagi pelayanannya kurang baik.

Apapun pilihan transportasi semoga liburan ke Bali anda menyenangkan.