Tag

, , , ,


Parisj van Java, itulah julukan yang disematkan untuk kota Bandung. Paris dari Pulau Jawa. Tidak salah menyandang nama itu, mengingat suhu udara yang sejuk di kisaran 18-22 derajat Celcius, dan banyak bangunan kuno dan pohon besar yang tersebar di seluruh penjuru kota Bandung, karena sejak zaman Belanda kota ini menjadi tempat peristirahatan yang terkenal. Penduduknya juga ramah.

Bandung pagi hari

Untuk mencapai kota ini dari Banjarmasin paling praktis melalui jalur udara. Ada penerbangan langsung menggunakan pesawat Sriwijaya Air Banjarmasin-Bandung via Surabaya, atau bisa juga menggunakan pesawat jurusan Jakarta dilanjutkan dengan menggunakan travel, bis, taksi maupun kereta api. Pemandangan alam sepanjang jalan Jakarta-Bandung cukup indah, apalagi jika kita naik menggunakan kereta api, kita bisa melihat pemandangan gunung, sawah, sungai dan merasakan gelapnya terowongan. Dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandung dapat ditempuh selama 3-4 jam. Kecuali Jumat sore saat orang Jakarta berduyun-duyun datang ke Bandung dan Minggu sore saat balik ke Jakarta Minggu bisa lebih lama waktu yang kita tempuh.

Kita bisa pilih wisata kota atau wisata alam/luar kota. Untuk wisata kota bisa diisi dengan belanja , kuliner, rohani, museum dan kampus. Untuk luar kota (di sekitar kota Bandung) bisa diisi dengan wisata alam.

Berikut ini diantaranya :

Belanja, Bandung adalah kota yang terkenal dengan pakaian kualitas ekspor yang dijual dengan harga  miring yang biasanya dijual di factory outlet (FO). Kenapa bisa ? karena di Bandung banyak berdiri pabrik-pabrik tekstil/garment yang memproduksi pakaian

Bandung sore hari

merk terkenal, jika ditemukan cacat sedikit saja (misal jahitan ada yang kurang rapi) maka harganya sangat jatuh. Daerah yang banyak FO antara lain Jalan Ir.Juanda (Dago), Martadinata (Riau), Sukajadi, dan Cihampelas.

Sedangkan untuk pakaian muslim/muslimah Pasar Baru di Jalan Otista adalah pusatnya. Bahkan turis dari Malaysia menjadikan pasar ini menjadi tempat favorit yang must to visit. Ada 4 penerbangan langsung  Kuala Lumpur-Bandung pp setiap hari (Air Asia 3x, Malaysia Airlines 1x), dan 1 penerbangan Singapura-Bandung pp (Air Asia). Kota ini juga terkenal dengan industri kulit (sepatu, tas, jaket ) di daerah Cibaduyut, distro yang berkualitas dan merchandise (kaos&jaket untuk promosi/kampanye) dengan harga miring.

Kuliner, Bandung adalah surga makanan berat dan makan ringan, makan tradisional dan internasional serta makanan zaman kolonial hingga makanan zaman sekarang. Jika menginginkan makanan ala zaman Belanda, bisa ditemukan di sepanjang Jalan Braga (Sumber Hidangan, French Bakery, Braga Permai),karena tempat makan ini sudah ada sebelum Indonesia merdeka, dengan menu yang sama. Makanan internasional dan Nusantara dengan mudah ditemukan terutama di pusat kota. Makanan tradisional khas Sunda ada di warung di penjuru kota, yang terkenal lezat dan harga merakyat misalnya Ampera, seperti umumnya warung makan Sunda : bayar nasi dan lauk, sedangkan lalapan dan teh tawar gratis. Makanan terkenal lainnya adalah batagor, siomay, bubur ayam dan soto Bandung sedangkan minuman terkenal adalah bandrek (minuman penghangat badan berbahan jahe). Untuk oleh-oleh/buah tangan yang terkenal asli Bandung antara lain pisang molen Kartika Sari, brownies kukus Amanda, dan roti bagelen Merdeka.

Rohani, bagi Umat Islam, Bandung menyediakan tempat wisata rohani misalnya Pondok Pesantren Daarut Tauhid yang dipimpin KH.Abdullah Gymnastiar (AA Gym), pengajian di Masjid Salman ITB (masjid kampus pertama di Indonesia), pengajian di Masjid Istiqomah dll.

Museum dan Kampus, Kota Bandung adalah tempat berdirinya museum dan kampus terkenal tidak saja di Indonesia namun juga dunia. Museum yang besar dan terkenal antara lain Museum Asia Afrika-tempat konferensi Asia Afrika tahun 1955 yang mampu membangkitkan negara-negara di Asia dan Afrika untuk merdeka, Museum Geologi yang salah satu isinya adalah kerangka ikan paus raksasa yang pernah terdampar di Indonesia, Museum Pos yang memamerkan prangko dan sejarah pos sejak Hindia Belanda hingga Indonesia merdeka, Observatorium Boscha di Lembang yang masih aktif digunakan.

Bicara kampus di Bandung ada banyak kampus besar dan terkenal antara lain : Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Universitas Islam Bandung (Unisba), IAIN Sunan Gunung Jati, Universitas Parahyangan (Unpar), STT Telkom, IPDN (STPDN), STT Tekstil dan perguruan tinggi lainnya. Kampus yang nyaman untuk jalan-jalan misalnya ITB di Jalan Ganesha 10, dimana arealnya tidak terlalu luas dan banyak pohon besar/rindang serta gedung yang menawan (misal Aula Barat/Timur yang sudah ada sejak 1920 dimana kampus ini didirikan serta student center yang futuristik), di kampus ini pula Presiden Soekarno, BJ Habibie, Ciputra, Aburizal Bakrie, Arifin Panigoro dan banyak tokoh lainnya pernah mengenyam pendidikan.

Wisata alam, kota Bandung sebenarnya berada di dalam cekungan yang terbentuk ribuan tahun yang lalu sehingga tak mengherankan jika memandang ke segala penjuru akan tampak pegunungan nan hijau. Daerah yang terkenal alamnya antara lain : kawah Tangkuban Perahu, air terjun Maribaya, pemandian air panas Ciater, kebun teh/sayur Pangalengan.

Untuk penginapan tersedia banyak pilihan sesuai budget, mulai penginapan kelas melati hingga hotel berbintang (Hilton, Hyatt, Sheraton, Aston, Holiday Inn, Swiss Belhotel, Santika, Horison, Savoy Homann, Panghegar dll). Makan dan minum juga relatif murah jika dibandingkan dengan harga di Banjarmasin. Transportasi banyak pilihan seperti angkot yang menjangkau hampir semua tempat, bis kota, taksi argo (Blue Bird, Gemah Ripah, Cipaganti dll). Sebaiknya hindari akhir pekan, jika tidak ingin merasakan kemacetan jalan, maklumlah banyak mobil terutama dari Jakarta yang memenuhi ruas jalan di Bandung.

Selamat merencanakan wisata ke Bandung, semoga menyenangkan dan membawa pencerahan.