Berikut adalah tips wisata ke Kalimantan Selatan yang akan membuat anda merasa nyaman :

–         Transportasi udara dengan pesawat besar Boeing 737-400/Airbus A320/MD50 bisa ditempuh dari Jakarta (10x sehari), Surabaya (9x sehari), Balikpapan (3x sehari), Yogyakarta (2x sehari), Semarang (1x sehari). Maskapai yang melayani penerbangan dari kota di atas ke Banjarmasin dan sebaliknya antara lain : Garuda Indonesia, Mandala Air (barusan tutup/pailit), Lion Air, Sriwijaya Air, dan Batavia Air. Penerbangan internasional belum ada kecuali untuk angkutan ibadah haji.

–         Transportasi darat dari bandara ke hotel/penginapan bisa ditempuh dengan taksi Kojatas dengan tarif yang tertera di table yang tersedia di counter mereka-sebelah kanan pintu keluar. Dari bandara ke kota Banjarmasin ongkos taksi sekitar Rp 80.000, sedangkan ke Banjarbaru sekitar Rp 55.000. Untuk hotel Amaris yang berada sebelum gerbang kota Banjarmasin mungkin bisa di nego menjadi Rp 75.000,-.Untuk hotel tertentu (Rattan Inn, Swiss Bellhotel Borneo, Arum) biasanya ada penjemputan. .Pastikan dulu apakah bebas biaya, atau ada biayanya.

–         Hotel tersedia cukup lengkap meskipun agak kurang kompetitif (tarif vs fasilitas) dibandingkan hotel kota lain (Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang ataupun Balikpapan).

–         Transportasi dalam kota ada angkot, bemo dan ojek. Angkot tarif Rp 3.000 jauh dekat, sedangkan bemo dan angkot berlaku hukum tawar menawar. Secara umum moda transportasi ini kurang nyaman. Jika menginginkan yang lebih nyaman tersedia taksi argo-sedan keluaran terbaru, ada beberapa perusahaan taksi ini antara lain : Taksi Arya, Taksi 419, Taksi Kojatas.

–         Tempat makan yang khas Banjar maupun daerah lain (Padang, Jawa, Sunda, Chinese dll) cukup banyak bertebaran di kota ini. Contoh nya: Soto Banjar Bang Amat, Soto Banjar Kuin di jalan P Samudera, Rumah makan padang Sederhana cabang Jakarta, Ayam Bakar Wong Solo Ikan Bakar Cianjur, Restoran Lima Rasa.

–         City Tour yang paling khas dan asyik adalah sewa kelotok untuk ke pasar terapung Kuin/Pulau Kembang atau Lok Baintan. Dengan membayar Rp 150.000 kita bisa menyewa satu perahu kelotok yang bisa ditumpangi 10 orang dengan durasi minimal 2 jam. Jangan khawatir kehujanan, karena ada atapnya. Kita bisa duduk di atas karpet yang bersih. Paling enak berangkat setelah subuh dimana bisa berbarengan dengan pedagang berangkat ke pasar, aktivitas pasar ini kabarnya hanya  sampai jam 9 pagi.

Wisata belanja yang paling khas adalah belanja permata, pernik-pernik dari batu hias, kerajinan tangan dan tikar rotan di Martapura. Pusatnya ada di Pertokoan Cahaya Bumi Selamat, yang di depannya terdapat taman dengan monumen kaligrafi Arab yang megah. Tak jauh dari sini juga ada warung sate sapi/ayam H.Suri yang terkenal lezat, pasar Martapura dan Masjid Al Karomah yang megah.